Tes CPNS 2013 Jalur Umum Dengan CAT (Computer Assisted Test)

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS 2014 : Dengan aplikasi simulasi interaktif yang bisa dijalankan pada komputer, Laptop, iPad dan Android. Cocok bagi anda yang ingin lebih mendalami dan mempelajari bagaimana ujian CAT CPNS. Materi TKD CPNS lengkap, informasi lengkap Baca Disini

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ke­men PAN-RB, Setiawan Wang­saat­maja mengatakan, pelak­sa­naan tes CPNS baru untuk pela­mar umum tahun ini menggu­nakan prinsip CAT. “Pemerintah berusaha meninggalkan sistem konvensional, yakni meng­guna­kan LJK (lembar jawaban kom­puter),” kata pejabat hasil “le­lang” jabatan di Kemen PAN-RB itu.

Setiawan menuturkan, infra­struktur CAT sudah terdistribusi di daerah-daerah. Khususnya di 12 kantor regional Badan Kepe­gawaian Negara (BPN). Yaitu, di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Jakarta, Medan, Pa­lem­bang, Banjarmasin, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Jayapura masih dalam proses.

Latihan CAT CPNS 2014

Infrastruktur CAT memang tidak dirancang untuk men­jalankan tes secara massal dalam waktu bersamaan. Tetapi, de­ngan sistem CAT, ujian bisa dijalankan setiap hari dengan beberapa gelombang. Misalnya, ada kantor regional BKN memi­liki 100 perangkat komputer. Mereka menjalankan lima ge­lom­bang ujian dalam sehari. Berarti, kuota peserta ujian adalah 500 orang per hari. Jika ujian ini digelar enam hari kerja, berarti bisa menampung peserta sebanyak 3.000 orang.

Panitia memiliki ratusan ribu butir soal dan akan ditam­pilkan secara acak kepada setiap peserta. Sistem CAT bisa mence­gah akan dobel akun peserta. Setiawan menuturkan, pelak­sa­naan tes CPNS baru dengan sistem CAT ini tidak bisa dipak­sakan untuk seluruh instansi. Kemen PAN-RB akan melansir instansi-instansi menjalankan tes CPNS baru untuk pelamar umum dengan sistem CAT.

Jumlah komputer untuk CAT terpasang di kantor BKN Pusat ada 140 unit. Yang terse­bar di 12 kantor regional BKN masing-masing berjumlah 50 unit. Sosialisasi tes menggu­nakan sistem CAT ini dilakukan minggu kedua dan ketiga Agus­tus. Lalu, persiapan tes CAT dijalankan antara Agustus hing­ga September. Tes paling cepat bisa dijalankan akhir September atau awal Oktober hingga akhir November.

Materi ujian sama dengan tahun lalu. Yakni, tes kompetensi dasar (TKD). Setelah dinyatakan lulus TKD, peserta harus mele­wati tes kompetensi bidang (TKB). Ujian TKB ini diseleng­garan secara teknis instansi pengguna PNS baru. TKB ini ter­utama dipakai untuk posisi guru dan tenaga medis. Materi ujian­nya disusun oleh Kemente­rian Pendidikan dan Kebuda­yaan (Kemendikbud), serta Ke­men­terian Kesehatan (Kemenkes).

Posisi menjadi prioritas pengadaan CPNS baru pelamar umum adalah guru. “Khususnya guru kelas untuk SD dan guru produktif (untuk SMK, red),” kata Setiawan. Prioritas lainnya adalah dosen, jaksa, panitera, dan sipir. Untuk instansi daerah juga guru, disusul tenaga medis dan paramedis.

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) untuk semua instansi.

Jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan anda mempelajari Soal CAT CPNS dengan cara kerja yang sama dengan tes CAT sebenarnya anda bisa ikuti Program Latihan CAT CPNS 2014, Info Klik: Latihan CAT CPNS 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • October 2014
    M T W T F S S
    « Apr    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
Close
Silakan di Like dan Follow
Kami Selalu Update Info CAT CPNS