Syarat-Syarat Pendaftaran Online CPNS 2013 Instansi Pusat dan Daerah

Latihan Praktek Ujian CAT CPNS 2014 : Dengan aplikasi simulasi interaktif yang bisa dijalankan pada komputer, Laptop, iPad dan Android. Cocok bagi anda yang ingin lebih mendalami dan mempelajari bagaimana ujian CAT CPNS. Materi TKD CPNS lengkap, informasi lengkap Baca Disini

Syarat Pendaftaran CPNS 2013 – Bagi anda yang berencana mengikuti ujian CPNS 2013 yang akan segera dibuka tentunya saat ini sudah mulai mempersiapkan diri termasuk mempersiapkan segala persyaratan pendaftaran CPNS 2013 nanti walau formasi final belum keluar. Tetapi secara umum syarat pendaftaran CPNS dari tahun-ke tahun tidak berbeda jauh.

Berikut ini adalah gambaran umum syarat pendaftaran CPNS 2013 dan berkas-berkas pendaftaran CPNS 2013.

Latihan CAT CPNS 2014
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  7. Pelamar merupakan lulusan Sarjana, Diploma atau SMK/SMA sesuai formasi yang dilamar pada CPNS 2013:
  8. Untuk persyaratan kualifikasi pendidikan, Izajah dan nilai IPK ini berbeda-beda antar masing-masing instansi. Setiap instansi menetapkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi yang mungkin berbeda dengan instansi lain. Misalnya instansi Kementrian Keuangan, berikut ini adalah contoh persyaratan kualifikasi pendidikan sebagai syarat pendaftaran CPNS Kemenkeu tahun 2012 yang lalu dan kemungkinan tidak berbeda jauh dengan syarat pendaftaran CPNS Kemenkeu nanti:
  • Untuk formasi Sarjana dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Untuk formasi Diploma Pelayaran dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Untuk formasi Diploma Umum dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
  • Untuk formasi SMK Pelayaran dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
  • Untuk formasi SMK Umum dengan nilai rata-rata ”Ujian Tertulis” pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
  • Contoh persyaratan IPK ini adalah contoh syarat pendaftaran CPNS 2012 di Kemenkeu. Untuk instansi lain biasanya ada perbedaan lebih tinggi atau lebih rendah tergantung instansi dan formasinya.

9. Untuk persyaratn usia:

Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2012 di Kemenkeu dan mungkin juga tidak berbeda jauh dengan persyaratan usia CPNS 2013 nanti:

  • Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk Sarjana S-1;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk Diploma Pelayaran;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk Diploma Umum;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk SMK Pelayaran;
  • Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk SMK Umum.

Untuk persyaratan berkas pendaftaran yang harus dipersiapkan antara lain:

  1. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3×4 cm dan 4×6
  2. Materai 6000
  3. Mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat
  4. Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku
  5. Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri
  6. Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar/Surat Tanda Kelulusan dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir
  7. Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib menyertakan Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilegalisir
  8. Surat Keterangan Dokter (asli) terbaru yang menyatakan sehat (selama tiga bulan terakhir);
  9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (asli) yang masih berlaku;
  10. Berbagai macam Surat Pernyataan yang nantinya dapat diunduh kemudian ditempel materai Rp.6.000,00 dan ditandatangani;
  11. Sertifikat keahlian bagi jurusan tertentu sesuai formasi yang dilamar.

Kami ingatkan kembali, syarat pendaftaran dan berkas pendaftaran CPNS 2013 diatas hanya sebagai gambaran umum yang di generalisasi dari syarat-syarat pendaftaran CPNS 2012 dari instansi Kemenkeu. Untuk persyaratan final tentu kita harus menunggu formasi sesuai instansi yang mengadakan penerimaan CPNS 2013.

Saat ini persiapan terbaik yang perlu anda lakukan adalah dalam hal pemahaman terhadap soal-soal Ujian CPNS. Dengan memahami dan mempelajari soal-soal CPNS dari sekarang tentu menjadi nilai lebih bagi anda untuk memperoleh nilai terbaik pada ujian CPNS 2013 nanti. Untuk syarat-syarat pendaftaran tentu bisa menyusul, yang paling perlu adalah belajar dari sekarang karena masih banyak waktu. (casnmedia.com)

Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) untuk semua instansi.

Jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

Apa sebaiknya persiapan yang dilakukan?
Untuk memudahkan anda mempelajari Soal CAT CPNS dengan cara kerja yang sama dengan tes CAT sebenarnya anda bisa ikuti Program Latihan CAT CPNS 2014, Info Klik: Latihan CAT CPNS 2014

41 comments

  1. Jadi untuk diploma III minimal 23 tahun….???? trus gimana yg dah umur 24 keatas…???

  2. kapan kira-kira pendaftarannya di mulai?

  3. soal umur masak jga di tentukan,
    kan ksian yg di atasnya…

  4. Materai atau Meterai ya?????

  5. kasih tau y kalo udaah ada tes cpnsnya. thnx

  6. kapan pendaftaran nya di buka??

  7. berarti di atas umur 18 boleh daftar ya….

  8. kapan ya di buka pendaftaran cpns untuk wilayah jateng…tolong nanti kalau udah di buka kbri q ya….?

  9. kapan ya dibuka pendaftaran_a?? untk kota depok??? nanti tlong dikabarin yaa…:)

  10. masa sih untuk sarjana cuma ampe 26 tahun??
    saya g’ bisa ikutan donk
    mhon kebijakannya thank’s :)

  11. Mas aq tuh umur 37-38 TAHUN…gmana yah aq pengin ikut ujianCPNS bsa ga

  12. knapa batas umur sma cuma ampe 20,tdk adil

  13. masa IPK harus 3.00
    tolong lah kebijakan na
    ak 2.95 apa gak bisa di mengerti
    ak kan juga ingin jadi pns.

  14. tinjau ulang itu kebijakan yang peke batasan umur cuma sampai 26 tahun…sudah dari tahun 2011,2012,2013 tidak dibuka pendaftaran CPNS…..!!

  15. masa c usianya di batasi….

  16. masa c usianya dibatasi
    penonton kecewa..
    mohon untuk dipertimbangkan lagi,,,
    syukron

  17. umur jangan dibatasi kalau dibatasi sama aja membunuh orang yg sudah lewat batas apa itu kebijakan yang adil di rewisi dulu sangat perlu itu,,,,,salam

  18. apakah untuk mendaftar tes cpns perlu honorer dulu??
    apakah untuk jdi pns(guru) harus mengapdi dahulu??

  19. trus gmn kami rakyat biasa yg cuma punya IPK 2,7?masa ga dikasih kesempatan bt pns

  20. mas aku tuh masih 18 tahun , lulusan SMK. sudah ada pengalaman kerja 2 tahun dan sambil kuliah baru semester III . apakah bisa ikut CPNS ?

  21. maksimal usia s1 cuma sampai 26 tahun aja…

  22. umur jangan dibatasi donk
    berikan kesempatan kepada kami yg udah tua

  23. kalau saya masih kuliah,kuliahnya sudah semester 8 tinggal ambil skripsi itu bisa nglamar kan yang khusus cpns yang smk umum

Pingbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  • December 2014
    M T W T F S S
    « Apr    
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  
Close
Silakan di Like dan Follow
Kami Selalu Update Info CAT CPNS